Cara Membuka Peluang dalam Wirausaha
Hartoni.com - Wirausaha dapat menambah nilai suatu barang dan jasa melalui inovasi. keberhasilan dapat dicapai apabila wirausaha dapat dicapai apabila wirausaha menggunakan produk, proses clan jasa-jasa inovasi sebagai alat untuk menggal perubahan. ketangguhan kewirausahaan sebagai penggerak perekonomian terletak pada kreasi baru untuk menciptakan nilai secara terus menerus.wirausaha dapat menciptakan nilai dengan cara mengubah semua tantangan menjadi peluang melalui ide-ide dan akhirnya menjadi pengendali usaha. semua tantangan bisa menjadi peluang apabila terdapat inovasi.
Menurut Zimmerer, ide-ide yang berasal dari wirausaha
dapat menciptakan peluang untuk memenuhi kebutuhan riil di pasar. Ide-ide menciptakan nilai potensial di pasar sekaligus,
menjadi peluang usaha. Dalam mengevaluasi ide untuk menciptakan nilai-nilai
potensial (peluang usaha), wirausaha perlu mengidentifkasi dan mengevaluasi
semua resiko yang mungkin terjadi dengan cara:
-Mengurangi
kemungkinan risiko melalui strategi yg proaktif
-Menyebarkan Resiko yang dapat membuka peluang
-Mengelola risiko yg mendatangkan nilai atau manfaat
-Mengelola risiko yg mendatangkan nilai atau manfaat
Ada 3 risiko yg dpt dievaluasi :
•
Risiko
pasar / persaingan
•
Risiko
finansial
•
Risiko
teknik
Risiko
terjadi akibat adanya ketidakpastian pasar, risiko finansial terjadi akibat
rendahnya hasil penjualan dan tingginya biaya. Risiko teknik terjadi akibat
adanya kegagalan teknik. Ketidakpastian
pasar terjadi akibat dari berbagai faktor spt : lingkungan ekonomi, teknologi,
demografi dan sospol.
Menurut Zimmerer (1996: 82),
kreativitas sering kali muncul dalam bentuk ide untuk menghasilkan barang dan
jasa baru. Ide bukanlah peluang dan tidak akan muncul bila wirausaha tidak
mengadakan evaluasi dan pengamatan secara terus-menerus.
Banyak ide yang betul-betul asli,
akan tetapi sebagian besar peluang tercipta ketika wirausaha memiliki cara
pandang baru terhadap ide yang lama. Pertanyaannya, bagaimana ide bisa menjadi
peluang? Terdapat beberapa jawaban atas pertanyaan ini, di antaranya:
•
Ide dapat digerakkan secara internal melalui perubahan
cara-2/ metode yg lebih baik untuk melayani dan memuaskan pelanggan dalam memenuhi kebutuhannya.
•
Ide dapat dihasilkan dalam bentuk produk dan jasa
baru
• Ide dapat dihasilkan dalam bentuk modifikasi
pekerjaan yang dilakukan atau cara melakukan suatu pekerjaan.
Nilai suatu barang dapat
diciptakan melalui inovasi.
Nilai dapat diciptakan dg
cara mengubah tantangan menjadi peluang.
Peluang dpt diciptakan
melalui ide-ide kreatif dan inovatif.
Sumber-Sumber Potensial Usaha
Agar ide-ide potensial menjadi peluang bisnis yang riil, maka wirausaha harus bersedia melakukan evaluasi terhadap
peluang secara terus menerus. Proses penjaringan ide atau disebut proses screening
mrpk suatu cara terbaik untuk menuangkan ide potensial menjadi produk & jasa
riil.
1. Menciptakan Produk Baru & Berbeda.
Wirausaha harus benar-benar
mengetahui perilaku konsumen di pasar. Dalam mengamati perilaku pasar paling
sedikit ada dua unsur pasar yang perlu diperhatikan :
•
Permintaan terhadap barang / jasa yang dihasilkan
•
Waktu penyerahan & waktu permintaan barang/jasa
Dengan demikian, jelaslah bahwa
wirausaha yg sukses perlu menciptakan produk & jasa unggul yang memberikan
nilai kepada konsumen.
2. Mengamati Pintu Peluang
3. Analisis produk & proses produksi secara mendalam.
4. Menaksir biaya awal.
5. Memperhitungkan risiko yg mungkin terjadi.
Tabikk
