Contoh Program Kerja Humas, Promosi, Kerjasama dan PMB terbaru
Hartoni.com - PROGRAM KERJA
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Untuk menghindari kekhawatiran diatas, maka perlu kesadaran kolektif bangsa untuk mulai berbenah diri agar mampu menjawab tantangan globalisasi. Pendidikan merupakan salah satu kunci solusi untuk mengentaskan Indonesia dari berbagai masalah yang selama ini dihadapi, pendidikan juga merupakan modal untuk menjawab tantangan globalisasi sehingga Indonesia mampu melakukan kebangkitan nasional. Perlu diingatkan kembali bahwa hakekat tujuan kemerdekaan ialah: mencerdaskan kehidupan bangsa untuk meningkatkan daya saing bangsa dan terwujudnya kesejahteraan bangsa sehingga dapat mengangkat harkat dan martabat bangsa didalam pergaulan internasional.
Program kerja KA. BIRO Humas, Promosi, Kerjasama dan PMB merupakan pengejawantahan dari rencana strategis serta visi untuk menjadi lembaga Pendidikan Tinggi yang terbaik di Sumatera Bagian Selatan di Tahun 2025. Proker KA. BIRO Humas, Promosi, Kerjasama dan PMB 2019 menjadi penting sebagai master planning serta landasan berpijak untuk melaksanakan berbagai kegiatan dalam jangka waktu satu tahun mendatang. Ini juga menjadi suatu pedoman bagi KA. BIRO Humas, Promosi, Kerjasama dan PMB untuk melakukan evaluasi dalam setiap tahun anggaran guna memantapkan program akselerasi langkah KA. BIRO Humas, Promosi, Kerjasama dan PMB dalam mencapai lembaga Pendidikan Tinggi yang terbaik di Sumatera Bagian Selatan di Tahun 2025.
HUMAS, PROMOSI, KERJASAMA DAN PMB
TAHUN PELAJARAN 2019
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan ke hadlirat Allah SWT atas terselesaikannya penyusunan Program Kerja KA. BIRO Humas, Promosi, Kerjasama dan PMB. Buku ini disusun sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan di UTB Lampung. Sehubungan dengan perkembangan UTB Lampung yang sangat dinamis, dan juga sehubungan dengan adanya berbagai perubahan di UTB Lampung, maka perlu mengarahkan kegiatan Humas, Promosi, Kerjasama dan PMB agar sesuai dengan visi misi universitas.
Program kerja ini dirancang berlaku mulai Bulan Januari Tahun 2019 hingga Bulan Desember Tahun 2019. Adapun penetapan program kerja ini didasarkan pada tiga hal yaitu : Pertama, hasil evaluasi pelaksanaan Program Kerja Bidang PMB 2014-2018, Kedua, Rencana Strategis Rektor UTB Bandar Lampung yang didalamnya termuat program kerja KA. BIRO Humas, Promosi, Kerjasama dan PMB, serta ketiga, hasil analisis SWOT mengenai kondisi internal dan eksternal Universitas saat ini.
Program kerja secara garis besar dibagi kedalam Empat program yaitu Program Rutin Penyelenggaraan Layanan Humas, Promosi, Kerjasama dan PMB. Berdasarkan program tersebut telah disusun berbagai uraian kegiatan dan target pencapaian program yang akan dapat diwujudkan hingga Desember Tahun 2019. Program kerja tersebut, kemudian akan diturunkan kedalam rencana operasional Bulanan yang menjadi dasar penyusunan anggran dan dasar pelaksanaan kegiatan Universitas selama satu tahun. Diharapkan dukungan semua pihak khususnya segenap sivitas akademika UTB Lampung agar pelaksanaan program kerja ini dapat berjalan sesuai dengan rencana dan tujuan
Bandar Lampung, Januari 2019
KA. BIRO
Humas, Promosi, Kerjasama dan PMB
Nopiyansyah, S.Si., M.Farm., Apt
1. Latar Belakang
Indonesia adalah sebuah negara yang kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang melimpah, kekayaan ini seharusnya menjadi modal dasar untuk mampu bersaing dengan negara-negara lain dalam berbagai bidang. Namun dalam kenyataannya, Indonesia, walaupun telah berpuluh-puluh tahun merdeka tetap saja bergelut dengan permasalahan-permasalahan sosial, ekonomi, dan politik dalam negeri. Unggul dalam persaingan internasional di era globalisasi nampaknya masih menjadi impian di siang hari. Era globalisasi, diartikan sebagai sebuah era dimana tiada batas- batas antar negara, pergerakan sumber daya manusia dan teknologi akan semakin bebas melintasi antara negara yang satu dengan negara yang lain, persaingan bebas adalah sebuah kelaziman yang akan terjadi pada semua bidang kehidupan masyarakat. Tenaga kerja asing akan lebih mudah untuk bekerja di Indonesia serta lembaga pendidikan asing juga diberikan keleluasaan untuk masuk di Indonesia. Dengan kondisi Indonesia yang saat ini, dimana indeks kualitas manusianya masihlah rendah, pendapatan perkapita rendah, iklim sosial yang masih labil, tingkat korupsi yang sangat tinggi, maka dapat dipastikan, Indonesia akan kalah bersaing dengan negara lain ketika globalisasi telah terjadi secara keseluruhan.
Untuk menghindari kekhawatiran diatas, maka perlu kesadaran kolektif bangsa untuk mulai berbenah diri agar mampu menjawab tantangan globalisasi. Pendidikan merupakan salah satu kunci solusi untuk mengentaskan Indonesia dari berbagai masalah yang selama ini dihadapi, pendidikan juga merupakan modal untuk menjawab tantangan globalisasi sehingga Indonesia mampu melakukan kebangkitan nasional. Perlu diingatkan kembali bahwa hakekat tujuan kemerdekaan ialah: mencerdaskan kehidupan bangsa untuk meningkatkan daya saing bangsa dan terwujudnya kesejahteraan bangsa sehingga dapat mengangkat harkat dan martabat bangsa didalam pergaulan internasional.
Universitas Tulang Bawang Lampung, sebagai sebuah instansi pendidikan di Lampung Khususnya dan di Indonesia Umumnya, didirikan dalam rangka ikut mencerdaskan kehidupan bangsa seperti yang diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar, dan juga dalam rangka membentuk karakter manusia indonesia berbasis jati diri bangsa untuk mengisi kemerdekaan didalam kerangka NKRI yang berdaulat, sejahtera dan berkeadilan sosial. UTB Lampung, dituntut untuk melakukan penyesuaian dengan program Universitas Tulang Bawang dalam rangka Menjadikan UTB Lampung sebagai lembaga Pendidikan Tinggi yang terbaik di Sumatera Bagian Selatan di Tahun 2025. tuntutan itu mendatangkan konsekwensi bagi Universitas Tulang Bawang Bandar Lampung untuk menata kondisi internal organisasi agar mampu mencapai visi bersama guna memantapkan langkah kedepan, sebagai lembaga Pendidikan Tinggi yang terbaik di Sumatera Bagian Selatan di Tahun 2025, visi tersebut akan menjadi momentum untuk berperan serta guna mewujudkan kebangkitan bangsa seperti yang termaktub dalam amanat UUD.
Program kerja KA. BIRO Humas, Promosi, Kerjasama dan PMB merupakan pengejawantahan dari rencana strategis serta visi untuk menjadi lembaga Pendidikan Tinggi yang terbaik di Sumatera Bagian Selatan di Tahun 2025. Proker KA. BIRO Humas, Promosi, Kerjasama dan PMB 2019 menjadi penting sebagai master planning serta landasan berpijak untuk melaksanakan berbagai kegiatan dalam jangka waktu satu tahun mendatang. Ini juga menjadi suatu pedoman bagi KA. BIRO Humas, Promosi, Kerjasama dan PMB untuk melakukan evaluasi dalam setiap tahun anggaran guna memantapkan program akselerasi langkah KA. BIRO Humas, Promosi, Kerjasama dan PMB dalam mencapai lembaga Pendidikan Tinggi yang terbaik di Sumatera Bagian Selatan di Tahun 2025.
Hasil analisis SWOT tersebut kemudian dipadukan dengan rencana induk UTB Lampung menuju lembaga Pendidikan Tinggi yang terbaik di Sumatera Bagian Selatan di Tahun 2025 yang tertuang dalam road map UTB Lampung. Mengingat program yang ditunjang dengan berbagai kegiatan jumlahnya banyak, maka KA. BIRO Humas, Promosi, Kerjasama dan PMB membagi program-program tersebut kedalam program kerja selama Satu tahun, dimana penyusunannya ditentukan berdasarkan skala prioritas dan kebutuhan internal UTB Lampung. Program kerja tersebut kemudian akan menjadi acuan dalam penyusunan Program Operasional tahunan yang juga menjadi dasar penyusunan anggaran tahunan.
2. Ruang lingkup
Cakupan Program Kerja KA. BIRO Humas, Promosi, Kerjasama dan PMB meliputi hal-hal sebagai berikut:
a. Publisitas
b. Pemasaran
c. Loby
d. Manajemen Isu
e. Hubungan Investor
3. Landasan Kerja.
Landasan Pelaksanaan Program Kerja KA. BIRO Humas, Promosi, Kerjasama dan PMB Tahun Akademik 2019 di Universitas Tulang Bawang Lampung adalah sebagai berikut :
a. Surat Keputusan Rektor Universitas Tulang Bawang Lampung Nomor : 001/ R/ UTB/ Kep/ I/ 2018 Tentang Pembentukan Pelaksanaan Unit Kerja KA. BIRO Humas, Promosi, Kerjasama dan PMB Tahun Akademik 2019.
b. Mengingat dan Memperhatikan :
1. Undang-undang Nomor : 20 Tahun 2003
2. Peraturan Pemerintah Nomor : 30 tahun 1990
3. Peraturan menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 67
Tahun 2008
4. Statuta Universitas Tulang Bawang Lampung
5. Hasil Rapat Pimpinan Universitas Tulang Bawang Lampung
4. Visi
Tahun 2025 Menjadikan UTB Lampung sebagai lembaga Pendidikan Tinggi yang terbaik di Sumatera Bagian Selatan.
5. Misi
a. Menyelenggarakan proses pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas, bertumpu pada akhlak mulia, mandiri dan kompetitif.
b. Melaksanakan penelitian yang dibutuhkan stake holder dengan prinsip saling menguntungkan
c. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat atas dasar tanggung jawab sosial demi kepentingan masyarakat
d. Mengembangkan tata kelola perguruan tinggi yang sehat dengan manajemen yang transparan, dan akuntabel
e. Menjalin kerja sama secara berkelanjutan dengan stake hoder
6. Tujuan
Dengan melalui proses analisis lingkungan internal dan eksternal, maka positioning UTB Lampung dalam upaya pencapaian Visi dan Misi tersebut berlandaskan pada Tujuan sebagai berikut:
1. Menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mampu membelajarkan diri, memiliki wawasan yang luas, memiliki disiplin dan etos kerja, sehingga menjadi tenaga akademis dan profesional yang tangguh dan memiliki daya saing di tingkat nasional dan internasional.
2. Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni guna mendorong pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
3. Menghasilkan SDM yang berkualitas dan profesional dalam kegiatan penelitian, pemberdayaan masyarakat dan Kefharmasian melalui pengembangan konsep pemecahan masalah.
4. Melaksanakan pelayanan berkualitas prima kepada stakeholders secara berkelanjutan untuk menjalin kemitraan strategis dalam menopang Tri Dharma Perguruan Tinggi.
7. Analisis SWOT
Dalam evaluasi diri, analisis situasi dikelompokkan menjadi dua, yaitu (1) situasi internal dan (2) situasi eksternal. Dalam analisis situasi internal, dikaji kekuatan dan kelemahan, sedangkan untuk analisis situasi eksternal, dipaparkan peluang dan tantangan. Kondisi institusional UTB Lampung diukur menggunakan sejumlah parameter, yang bisa disingkat dengan LRAISE, yaitu Leadership (kepemimpinan), Relevance (relevansi), Academic Atmosphere (suasana akademik), Internal Management (manajemen internal), Sustainability (berkelanjutan), Efficiency and Produtivity (efisiensi dan produktivitas).
a. Situasi Internal (Kekuatan Dan Kelemahan)
1). Kepemimpinan (Leadership)
Kekuatan
a) Komitmen terhadap pengembangan institusi sangat tinggi
b) Sinergi yang efektif antara tenaga edukatif dan administratif.
c) Berjiwa inovatif, entrepreneur, demokratis, dan transformatif.
d) Loyalitas staf terhadap tugas yang diberikan atasan.
e) Adanya kebijakan yang telah dirumuskan sebagai dasar penyusunan program kerja lima tahun ke depan.
f) Pemberian prioritas pada pengembangan bidang manajemen untuk mengembangkan organisasi yang sehat, bersih dan transparan.
Kelemahan
a) Belum optimalnya pelaksanaan mekanisme reward dan punishment untuk mengendalikan kinerja.
b) Kurangnya pemahaman terhadap SOP.
c) Penguasaan bahasa asing yang pasif.
d) Kurangnya pengawasan melekat dalam jenjang struktur kepemimpinan fakultas.
2). Relevansi Pendidikan
Kekuatan
a) Memiliki Program-Program Studi Yang banyak Diminati Masyarakat Salah Satunya Prodi Fharmasi.
b) Input Mahasisiwa Yang berkualitas.
c) Sistem Pembelajaran Yang Relevan Sesuai Kebutuhan Masyarakat.
d) Melibatkan Praktisi dalam Proses Belajar Mengajar.
Kelemahan
a) Akreditasi Belum Mencapai Nilai “A”.
b) Kerjasama dengan Lembaga Luar Masih Terbatas.
c) Tenaga Pendidik Belum Mencapai Secara Keseluruhan Pendidikan S2.
d) Sarana dan Prasarana Ruang Baca Masih Terbatas.
3). Atmosfer Akademik
Kekuatan
a) Beberapa dosen Sudah Mencoba Menerbitkan Karya Ilmiyah.
b) Semangat Akademik (Tri Darma) Cukup Tinggi.
c) Proses Perkuliahan Rata-rata Mencapai 80% Tatap Muka.
Kelemahan
a) Jumalah Tenaga Pendidik Tetap Masih Terbatas.
b) Belum Adanya Jurnal Yang Spesifik dengan Program Study
c) Belum Seluruhnya Program Study memiliki kajian Spesifik Sesuai kluster Dosen.
4). Manajemen Internal
Kekuatan
a) Penyusunan Program Kerja dan rapat Anggaran dilakukan dengan rapat Kerja.
b) Imbalan Finansial Berbasis Kerja.
c) Telah Terbentuknya Struktur lembaga Sesuai Kebutuhan.
Kelemahan
a) Mekanisme Evaluasi Kerja Dosen dan Karyawan Masih Belum Maksimal.
b) Sebagian SOP Belum Tersusun.
c) Belum Optimalnya Penyediaan Sarana dan Prasarana bagi tenaga Pendidik dan Perkuliahan.
5). Evisiensi dan Produktivitas
Kekuatan
a) Komposisi tenaga dosen muda yang jumlahnya lebih besar, berpotensi untuk pengembangan karier akademis di bidang tridharma perguruan tinggi.
Kelemahan
a) Masih terbatasnya tenaga dosen dan administrasi yang berstatus Tetap Yayasan, sehingga memerlukan rekruitmen dosen Luar.
b. Situasi Eksternal (Peluang Dan Ancaman)
1. Peluang
a) Kerjasama dengan Perusahaan dan lembaga yang berhubungan erat dengan disiplin ilmu dan penyediaan ketenagakerjaan lulusan (graduate employability). Salah Satunya dengan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI)
b) Kerjasama dengan instansi/lembaga yang terkait dengan disiplin ilmu dalam hal penyediaan tenaga ahli telah meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa.
c) Meningkatnya peran media dan permasalahan sosial politik yang kompleks memerlukan penanganan secara profesional.
2. Ancaman
a) Meningkatnya atmosfir persaingan dari perguruan tinggi lain yang menyelenggarakan pendidikan sejenis baik dalam skala nasional maupun internasional.
b) Masuknya tenaga ahli asing di bidang ilmu sosial dan ilmu politik sebagai konsekuensi fenomena global menyebabkan persaingan kerja lulusan yang semakin ketat.
c) Tuntutan masyarakat, dunia usaha, dan industri akan lulusan dan produk IPTEK yang tinggi melalui komersialisasi riset.
PROGRAM KERJA
Penetapan program kerja ini diawali dari penyusunan Rencana Strategis UTB Lampung yang di dalamnya terdapat evaluasi diri (analisis SWOT) untuk melihat kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang kemudian digunakan dalam menyusun isu strategis. Berdasarkan Tolakk ukur LRAISE (Leadership, Relevance, Academic Atmosphere, Internal Management, Sustainability, Efficiency and Productivity), isu-isu strategis itu kemudian dijabarkan ke dalam Rencana Implementasi Program Tahun 2019. Kebijakan tersebut kemudian menjadi dasar penyusunan rencana program kerja selama 1 tahun ke depan. Selanjutnya proker tersebut, dipecah menjadi rencana operasional tahunan, yang menjadi dasar penyusunan anggaran keuangan tahunan serta pedoman penyusunan Laporan sebagai alat untuk mengevaluasi pelaksanaan rencana operasional dalam kegiatan Universitas selama setahun.
Pada Dasar nya Program Kerja KA.BIRO Humas, Promosi, Kerjasama dan PMB terdapat Empat Bidang dan Kegiatan yaitu:
1. Program Humas
a. Peningkatan Awarreness Terhadap Institusi Melalui Media Massa Cetak.
b. Peningkatan Awarreness Terhadap Institusi Melalui Media Massa Online.
2. Program Promosi.
a. Peningkatan Awarreness Terhadap Citra Institusi Melalui Media Promosi Konvensional.
b. Terpublikasikannya iklan promosi Pendaftaran Mahasiswa Baru di media cetak dan online.
3. Program Kerjasama
a. Meningkatnya Skill Kabiro/Kabag/Orkem Dalam Membuat Materi Publikasi Dan Desain Publikasi.
b. Menjalin komunikasi dan Hubungan yang baik dengan mitra dan stakeholder.
c. Menjalin Komunikasi dan Hubungan yang baik dengan relasi, baik pemerintah dan swasta atau perorangan.
d. Menjalin Komunikasi dan Hubungan yang baik dengan sekolah Negri maupun swasta.
4. Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB)
a. Meningkatnya jumlah peminat dari sekoah sma/ sederajat untuk kuliah di UTB Lampung.
PROGRAM PENGEMBANGAN LAYANAN HUMAS, PROMOSI,
KERJASAMA DAN PMB
PROGRAM PENGEMBANGAN LAYANAN HUMAS
NO KEGIATAN INDIKATOR URAIAN TARGET IMPLEMENTASI
Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des
1. Peningkatan Awarreness Terhadap Institusi Melalui Media Massa Cetak 1. Pemberitaan di Surat Kabar Harian (SKH) Lampung Post, Radar Lampung, Tribun Lampung 1. Terbuplikasikannya berita dari institusi seminggu tiga kali selama 50 minggu/tahun.
2. Memberikan Layanan Akademik dengan baik terhadap Mahasiswa. 1. Mahasiswa Up Date Berita Kampus melalui Berita Internal.
2. Peningkatan Awarreness Terhadap Institusi Melalui Media Massa Online 1. Melakukan publikasi berita di Media Online Antara Lampung Kontrak Kerjasama pemberitaan Online Antara Lampung Semi Barter terbit Setiap Hari
2. Melakukan publikasi berita di 10 Media Online dengan alexa tertinggi di Lampung Kontrak Kerjasama pemberitaan media online (10) atau Semi Barter terbit Setiap Hari
3. Meningkatkan update di media sosial dan web UTB Lampung Adanya informasi Tentang UTB Lampung di media Sosial, FB,IG,Twitter dan WA
PROGRAM PENGEMBANGAN LAYANAN PROMOSI
NO KEGIATAN INDIKATOR URAIAN TARGET IMPLEMENTASI
Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des
1. Peningkatan Awarreness Terhadap Citra Institusi Melalui Media Promosi Konvensional 1. Selalu mengupdate media promosi per semester dan tersedianya marketing tools (leaflet, brosur, spanduk, baliho, marchendais) setiap semester 1. - Spanduk promosi/ Ucapan dll. (60) (Ramadan 20, waisak (1), imlek (1), nyepi(1), Isra Miraj (1), Idulfitri (20), HUT Kemerdekaan (1), Iduladha (20), , Maulid Nabi (1), Natal (10), Tahun Baru (1), Hari pendidikan (10), Hari kebangkitan Nasional (1).
- Bilboard (cetak 12 buah, 2 kali setahun
- Baliho (cetak 6 buah , 2 kali setahun)
2. Pembuatan Sovenir - Mug 500 buah
- Paper bag 500 Buah
- Pena 1000 buah
- Plakat Kecil 100 Buah
- Agenda 100 buah
- Block Note 500 buah
- Miniatur UTB 50 buah
- Hiasan Tapis 25 buah
- Selendang - Tapis 50 buah
- Gantungan Kunci 200 buah
- Payung 200 buah
- Jam Dinding 100 buah
- Pin 500 buah
- Hoodie 50 buah
- T-Shirt 500 buah
- Kaos Polo 500 buah
- Plakat Akrilik 200 buah
- Tempat Minum 100 buah
2. Terpublikasikannya iklan promosi Pendaftaran Mahasiswa Baru di media cetak dan online 1. Membengun Brand Image Institusi ke pihak internal dan eksternal Tercetaknya Buletin Kampus 3 kali dalam setahun (1000 eksplar)
2. Melakukan Kerjasama Publikasi Iklan Promosi melalui media Massa Baik cetak Maupun Online dalam Jangka Waktu 6 Bulan Promosi Kalender Dinding 1000 eksp
Kalender Meja 300 buah
Radar Lampung
Lampung Post
Lampung Ekspres
Tribun Lampung
TVRI
TV Lokal (Tegar dan Siger TV)
10 media online
PROGRAM PENGEMBANGAN LAYANAN KERJASAMA
NO KEGIATAN INDIKATOR URAIAN TARGET IMPLEMENTASI
Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des
1. Meningkatnya Skill Kabiro/Kabag/Orkem Dalam Membuat Materi Publikasi Dan Desain Publikasi 1. Melakukan pelatihan guna meningkatkan Skill dan Kemampuan kepada seluruh bagian untuk membantu dan mempermudah dalam hal publikasi pemberitaan yang dilaksanakan dua kali dalam setahun 60 Peserta X 2
2. Menjalin komunikasi dan Hubungan yang baik dengan mitra dan stakeholder 1. Partisipasi ucapan (iklan dan papan bunga) di HUT Media Partner dan 10 Media online lainnya - Langganan Koran
- Partner Papan Bunga dengan KURO Florist
3. Menjalin Komunikasi dan Hubungan yang baik dengan relasi, baik pemerintah dan swasta atau perorangan 1. Mengirimkan ucapan karangan bunga dalam momentum HUT kepada relasi 100 instansi/ orang
4. Menjalin Komunikasi dan Hubungan yang baik dengan sekolah Negri maupun swasta 1. Berpartisipasi sumbangan untuk mitra, Stakholder, lingkungan, sekolah dan lain-lain 150 instansi atau orang
Mengirimkan ucapan karangan bunga atau surat ucapan dalam momentum ulang tahun, hari raya
Mengirimkan surat undangan masuk tanpa tes kepada siswa/siswi SMA se Lampung yang berprestasi melalui Sekolah-Sekolah
PROGRAM PENGEMBANGAN LAYANAN PMB
NO KEGIATAN INDIKATOR URAIAN TARGET IMPLEMENTASI
Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des
2. Meningkatnya jumlah peminat dari sekoah sma/ sederajat untuk kuliah di UTB Lampung 1. Pelibatan Kepala Sekolah Dalam Promosi UTB lampung Seminar, perlombaan, penyuluhan, demonstrasi
1. Kerjasama ke sekolah sma/sederajat Kontrak Kerjasama dengan kepala sekolah
Disetujui Oleh:
Rektor Diperiksa Oleh:
Wakil Rektor III Dibuat Oleh:
Kepala Biro HPKPMB
Dr. Agus Mardihartono., MM
Reza Yudha Patria, SH., M.Kn
Nopiyansyah, S.Si., M.Farm., Apt
PENUTUP
Program Kerja KA. BIRO Humas, Promosi, Kerjasama dan PMB ini disusun sebagai wujud akuntabilitas KA. BIRO Humas, Promosi, Kerjasama dan PMB selama mengemban tugas memimpin penyelenggaraan pendidikan di UTB Lampung. Akuntabilitas yang dimaksud tercermin dari tersusunnya program kerja yang mengacu pada visi, misi, dan arah kebijakan yang telah ditetapkan sebelumnya dan yang telah ditetapkan universitas. Upaya untuk mewujudkan pencapaian program kerja tersebut sangat mungkin dipengaruhi berbagai faktor internal dan eksternal. Karena itu, kendati program kerja dan target pencapaiannya telah ditetapkan, dalam proses penyelenggaraan pendidikan dari tahun ke tahun program dan capaian tersebut masih dimungkinkan dilakukan perubahan, sepanjang masih dalam koridor visi dan misi universitas.
Adanya perubahan, mencerminkan bahwa program ini bersifat sangat fleksibel namun tetap terarah, karena adanya fenomena-fenomena global yang terjadi saat ini membutuhkan kemampuan penyusaian yang segera. Semoga Program Kerja KA. BIRO Humas, Promosi, Kerjasama dan PMB ini dapat menjadi acuan bagi segenap unit kerja di lingkungan UTB Lampung dalam menjalankan serta mengembangkan program dan kegiatan di masing-masing. Hal ini sangat diperlukan, mengingat sebaik apapun program kerja Dekan apabila tidak didukung oleh kinerja unitunit yang ada di dalamnya maka program kerja tersebut tidak akan berhasil secara optimal.